Header Ads

Cara Membuat Vlog dan 4 Ide Sederhana Untuk Menentukan Tema Vlog Yang Keren

Vlog saat ini merupakan suatu fenomena baru di kalangan anak muda jaman sekarang. Hampir semua orang yang berkecimpung di dunia digital marketing memiliki channel masing-masing. Tema nya pun bermacam-macam, ada yang memancing, cover lagu, main gitar, sampai yang tidak senonoh semacam siskaee dan Ferdian Paleka.

Mungkin fenomena ini tidak lepas dari makin banyaknya pengguna youtube sebagai sarana mencari informasi. Jika dilihat dari data statistik pengguna Youtube dari tahun ke tahun di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan.

Porsi pengguna Medsos Indonesia (sumber:Katadata.com)


Bayangkan saja, berdasarkan data dari Katadata.com pengguna medsos di Indonesia mencapai sekitar 150 juta pengguna, dan yang paling banyak digunakan ada platform Youtube dengan presesntasi sekitar 88%. Apalagi pencarian seputar lagu-lagu yang di dominasi pencarian Youtube.

Tentunya anda tidak ingin ketinggalan kan, di saat semua orang sudah mulai membuat channel dan beberapa bahkan ada yang sudah mendapatkan penghasilan dari vlog sedang kan anda masih menjadi penonton setia.

Sebelum kita belajar cara membuat vlog, kita harus tau dulu apa itu Vlog

Vlog adalah kepanjangan dari Video Blogger atau Video Logger. Sebuah platform Video dimana anda bisa menayangkan apa saja dalam video anda. Baik tentang kehidupan pribadi sampai dengan suatu hal yang sesuai dengan bidang anda, atau hobi yang anda sukai.

Hampir sama seperti Blog, dengan Vlog anda bisa membuat konten Video apapun yang anda mau asalkan sesuai dengan policy Youtube dan Negara dimana anda berada.

Bagaimana cara membuat Vlog

Berhubung platform yang paling banyak digunakan adalah Youtube jadi akan saya jabarkan tentang cara membuat vlog via Youtube.

1. Buka website Youtube atau via aplikasi Youtube, lalu Sign ini dengan menggunakan akun google anda.

(Sumber : https://buffer.com/)


2. Jika belum punya akun google ,berhubung Youtube merupakan layanan dari google maka anda diwajibkan memiliki akun google untuk mendaftar di Youtube.

                                                                    (Sumber : https://buffer.com/)


3. Klik Akun anda di pojok kanan, dan klik tombol lambang setting /cog.


                                                                       (Sumber : https://buffer.com/)

4. Buat Channel Anda

                                                                             (Sumber : https://buffer.com/)

5.Berikutnya anda akan disuruh memilih apakah akan menggunakan channel untuk pribadi atau untuk bisnis. Disini kita coba memilih akun bisnis.

(Sumber : https://buffer.com/)

6. Sekarang tinggal memilih Kategori Channel Youtube yang kamu akan buat, kategorinya terbagi menjadi 
- Produk atau Brand
- Perusahaan atau Organisasi
- Seni, Entertainment atau Olahraga
- Lain-lain

(Sumber : https://buffer.com/)

Setelah itu "Selamat channel Youtube sudah jadi" cukup mudah kan. Sisanya tinggal konsistensi membuat konten dan selalu eksplore ide dalam membuat konten video.

Menentukan Tema Vlog yang Cocok dengan Anda

Dalam penentuan tema vlog, usahakan yang sesuai dengan apa yang anda sukai. Hal ini membuat anda akan terus konsisten dengan mengupdate konten-konten Vlog. Selain itu ide-ide akan terus berdatangan karena sesuai dengan apa yang anda tekuni.

Anda tidak perlu menggunakan sutradara hebat untuk menciptakan sebuah konten video yang keren untuk channel vlog anda. Terkadang beberapa video yang menarik diciptakan dari sebuah ide sederhana yang digarap dengan serius sehingga memperoleh hasil yang baik, asalkan jangan seperti vlogger kita yang baru-baru ini tertangkap polisi karena mengunggah hal yang tidak pantas ya....

Jika anda ingin membuat konten video yang menarik, berikut saya jabarkan 4 ide sederhana untuk membuat konten video yang menarik.

Buatlah video tentang Tutorial atau panduan melakukan sesuatu hal.

Biasanya video dengan tema ini sangat di gemari oleh audiens. Video yang berisi tentang panduan melakukan sesuatu hal ini akan sangat membantu audiens anda untuk menyelesaikan suatu hal yang mungkin selama ini mereka kesulitan untuk menyelesaikannya.


Buatlah konten video ini secara mendetail tanpa melewatkan apapun, dengan begini penonton anda pun akan puas dan bisa langsung mempraktekan apa yang anda lakukan di video panduan yang anda buat. Konten video yang berisi panduan step by step dan mendetail akan selalu menjadi pilihan menarik para penikmat konten vlog di Internet.


Membuat Vlog yang berisi wawancara dengan Narasumber.

Vlogger biasanya sering melewatkan jenis video ini, padahal video yang berisi wawancara dengan narasumber akan sangat menarik untuk dilihat. Bagi beberapa vlogger dunia banyak yang membangun keseluruhan isi channelnya hanya dengan video berkonten ini saja.



Ingat, anda tidak perlu melulu mewancarai artis atau public figure terkenal. Wawancara bisa  juga dilakukan misalnya dengan saksi mata suatu kejadian, atau juga dengan beberapa orang yang berwenang di suatu daerah, misalnya pejabat kepolisian atau Tukang kebersihan kota dll.


Membuat Vlog yang berisi pengalaman pribadi.



Vlog jenis ini biasanya berisi pengalaman pribadi si pembuat konten, video ini bila digarap dengan baik akan mampu menyentuh emosi audiens. Terutama jika ceritanya menginspirasi , lucu, sedih atau bahagia. Video ini mampu digarap dengan sederhana, namun akan berasa istimewa jika anda mampu memadu padankan dengan elemen elemen lain dalam konten, seperti tempat kejadian, saksi mata dll.


Vlog yang berisi Ulasan produk

Video jenis ini selalu menjadi video yang paling populer, karena berisi tentang ulasan produk untuk suatu barang yang mungkin sedang diminati oleh subscriber anda. Dengan ada nya video ini maka akan sangat membantu mereka dalam menilai kelebihan dan kekurangan suatu produk yang akan mempengaruhi keputusan mereka.



Video ini pun mampu memiliki konten yang bisa berisi tentang promosi suatu produk baru ke khalayak ramai. Seperti produk gadget-gadget terbaru.

Seperti yang anda liat, dari ke empat ide diatas tidak ada satupun yang merupakan ide rumit. Bahkan anda bisa melakukannya hanya dengan kamera hp saku yang anda miliki. Tidak perlu penataan cahaya yang mendetail, atau pengarah gaya di kamera. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengeksplor dengan lebih mendalam apa yang diingin kan audiens anda dan selalu lakukan evaluasi terhadap semua hasil karya yang anda buat.


1 komentar:

  1. bikin konten makeup juga tuh, sekarang kan banyak vlogger makeup gitu hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.