Header Ads

4 Cara Sederhana Mendatangkan Traffik di Blog Sepi Pengunjung

Banyaknya blog modern yang beredar jaman sekarang ini kadang membuat kita sebagai pemilik blog harus berpikir ekstra keras. Dengan jumlah blog yang beredar maka artinya persaingan pun semakin ketat.

Pemilik blog jaman sekarang bukan saja harus berfikir mengenai keakuratan informasi saja, tetapi tampilan, update artikel dan kesegaran berita pun harus menjadi bahan pertimbangan si pemilik blog kalau tidak mau tercecer di persaingan mesin pencari. Akhirnya hampir semua pemilik blog berusaha agar untuk selalu merefresh tampilan blog nya, mengotak ngatik blog secara keseluruhan agar memperoleh hasil yang paling optimal, apalagi jika blog nya termasuk dalam jejeran blog yang sepi pengunjung.

Namun sebenarnya guna menaikkan traffik pengunjung blog, anda tidak perlu sampai harus mengobrak abrik keseluruhan isi blog. Cukup melakukan beberapa hal sederhana saja, kali ini saya akan menjabarkan 4 cara sederhana untuk menaikkan jumlah traffik blog secara alami dan natural (bukan instan). Berikut 4 cara tersebut :

1. Lakukan penjadwalan posting secara teratur.

Dalam buku How To guide building a blog, Neil Patel seorang master dalam marketing internet mengatakan bahwa hal penting dalam blogging adalah bagaimana anda dapat melakukan kegiatan blogging secara teratur dan regular serta datang dengan ide-ide postingan yang memenuhi keinginan pembaca blog anda.



Dalam dunia blogging pun terjadi diskusi yang agak sengit, dimana sebagian pemilik blog mengatakan lebih baik membuat postingan pendek 300-500 kata sehingga tidak membosankan di mata pembaca, namun disisi lain banyak juga yang berpendapat lebih baik membuat artikel yang mengupas tuntas suatu hal secara lebih mendalam yang bisa memuat hingga ribuan kata per artikelnya akan lebih baik di mata pengunjung blog.

Namun sebenarnya untuk jawaban dari dua hal diatas tergantung pada sumber daya yang dimiliki oleh pemilik blog. Sebagai contoh sebuah blog kecil agak susah untuk menyewa penulis professional yang mampu menulis sesuatu hal secara mendalam dan di publish sesering mungkin di blog nya.
dan berita baiknya adalah dalam dunia blogging, terlepas dari apa niche anda. Blogging secara konsisten akan memberikan keuntungan yang besar bagi blog anda diantaranya adalah sbb:

- Kesempatan akan lebih besar untuk mendapat ranking yang bagus di mesin pencari sesuai dengan niche yang anda incar.
- Nilai tambah dari google dan pembaca untuk blog anda yang dianggap secara konsisten memberikan informasi yang update dan lengkap.

Namun dari kesemuanya sebenarnya blog dengan tipe postingan pendek atau panjang mempunyai tempatnya sendiri-sendiri. Selama anda menulis secara reguler/teratur dan memenuhi harapan pembaca blog anda, maka itu sudah lebih dari cukup untuk mulai memperbaiki jumlah traffik pembaca blog anda.Dengan kata lain, konsistensi dalam dunia blogging sangat dibutuhkan untuk sebuah blog yang sehat dan memiliki pembaca setia.

2. Waktu yang tepat untuk mempublish artikel

Untuk pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk mempublish sebuah artikel sebenarnya tergantung pada anda sendiri, tentang kapan waktu dan hari yang tepat untuk mempublish artikel tergantung pada data yang anda punya. Sebagai contoh coba tanyakan kepada diri anda sendiri:



- Apakah pembaca anda lokal atau global? apakah mereka terikat oleh zona waktu atau tidak?
- Apakah pembaca anda membutuhkan informasi secara real time ? seperti pada saat pagi sebelum bekerja atau malam sebelum tidur?
- Apakah pembaca saya membaca artikel pada weekend/ hari libur ataukah setiap hari selama seminggu?

Berdasarkan survei, untuk blog biasa biasanya penerbitan artikel yang banyak pembaca adalah pada hari Senin, dan hari sabtu adalah hari dimana anda bisa mendapatkan komentar dari pembaca anda. Tetapi ini hanyalah sebuah survei secara umum, masing-masing pemilik blog sebaiknya memiliki data mereka sendiri dan mengatur waktu mana yang tepat untuk menerbitkan sebuah artikel.

3. Pemilihan judul yang tepat untuk artikel

Saya pernah membahas hal ini pada artikel-artikel sebelumnya , kekuatan sebuah judul biasanya dikarenakan karena Judul atau title artikel merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembaca anda sebelum membaca blog anda secara keseluruhan.



Disinilah kekuatan sebuah judul artikel, dengan judul yang menarik maka tentunya akan membuat calon pembaca blog anda penasaran. Berikut ada beberapa tips untuk anda dalam membuat judul yang menarik diantaranya adalah :

- Ubah judul artikel anda menjadi sebuah pertanyaan, sehingga akan memancing rasa ingin tahu pembaca anda.
- Buat artikel anda menjadi sebuah bilangan/numerik sehingga akan membuat pembaca anda tertarik melihat karena judulnya yang tidak bertele-tele, sbg contoh: 7 langkah sederhana membuat donat kentang.
- Sisipkan kata kunci/niche di dalam judul artikel, selain memudahkan pembaca anda melakukan pencarian di Internet, ini juga akan membuat pembaca anda merasa sudah berada di blog yang benar dan sesuai dengan apa yang mereka cari.


4. Gunakan Tool Search Console untuk Memantau Performance Blog

Tools yang beri google ini merupakan tools yang sangat membantu dalam para blogger memantau kesehatan blog kita. Fitur-fiturnya bisa berupa inspect URL untuk melihat apakah URL kita terindex apa tidak? atau Fitur seperti sitemap yang bisa langsung kita submit ke dalam google webmaster untuk di lakukan crawling.



Blog yang sepi biasanya terjadi dikarenakan lama tidak update content, oleh karena itu biasanya seringkali ada konten artikel yang sudah kadaluwarsa, sehingga hilang dari mesin pencari google.
Sehingga langkah selanjutnya adalah update artikel dan submit ke dalam Search Console Google untuk di crawling ulang. Sehingga peluangnya untuk muncul di halaman terdepan google semakin terbuka.


Itulah keempat langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki jumlah traffik pengunjung blog anda yang kurang. Semoga bermanfaat.. keep posting and happy blogging




6 komentar:

  1. Terimakasih infonya gan, ane sekarang lagi mraktekin upload tiap hari dengan jumlah kata 400-700 kata perartikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn tiap hari atuh gan...capek.....kasih jeda....biar ide ga habis...hehhe

      Hapus
  2. Saya masih susah nih kalau harus posting secara teratur,,,kadang seminggu sekali, kadang 3 hari sekali, kadang 2 hari sekali kadang sehari sekali kadang malah sehari bisa 5 kali,,,harus gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp bray...ide menulis itu kan tidak bisa di paksakan....saya saja menulis mungkin 1 minggu 1x, bahkan ada yang 1 bulan 1x...pokoknya saya targetkan minimal 1 bulan ada 1 postingan biar tetap terlihat blog aktif....dan update

      Hapus
  3. Ada betulnya jika sering saling bewe itu juga membantu menaikkan grafik kunjungan blog, mas.
    Untuk itu kita selektif memilih teman blogger yang berkenan melakukan kunjungan balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas himawan, meskipun kita tau sekarang BW tidak berpengaruh thd nilai SEO...namun tetap saja BW berguna untuk menambah komunitas kita sesama blogger sehingga mempengaruhi traffik yang mempengaruhi nilai blog kita di mata google.

      Selain itu saya juga sering mendapat ide menulis dari aktivitas BW

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.