Pages

Friday, March 4, 2016

3 alasan mengapa anda harus menggunakan long tail keywords untuk mengoptimalkan konten

Tips Blog Indonesia - Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada tanggal 14 Februari 2016 teman saya berulang tahun. Dan saat itu terbersit keinginan saya untuk memberikan dia kado yang sesuai dengan tanggal dia berulang tahun yang bertepatan dengan hari Valentine. Dan sesuai rencana saya tadi maka saya mulai mencari di toko online, tentunya melalui google search untuk mencari hadiah baju suasana valentine.

Pada saat saya mulai melakukan search dengan keyword baju , agak susah karena pada saat saya menggunakan keyword baju maka yang keluar adalah toko baju online saja, dan baju untuk suasana valentine saya harus melakukan pencarian sendiri. Kemudian saya mulai mengganti keyword saya dengan "baju suasana valentine" dan yang keluar adalah toko online yang menjual baju spesial valentine. Meskipun saya saat itu tidak jadi membeli di toko online tersebut minimal saya sudah menunjukkan akan efektifnya penggunaan long tail keyword dalam mesin pencari.


Setelah kejadian itu saya mulai berpikir, sudah efektifkah penggunaan long tail keyword di konten blog saya.

Keyword yang berupa satu kata biasanya akan menghasilkan hasil pencarian berjumlah jutaan dengan hasil yang sangat tidak spesifik. Namun semakin hari, penggunaan keyword satu kata ini mulai berkurang dan menjadi lebih spesifik dengan penggunaan long tail keywords (keyword dengan jumlah kata panjang dan spesifik). Toko online besar seperti Amazon.com menyadari hal ini, dan mereka membukukan penambahan 57% persen penjualan melalui teknik ini.

Chriss Baggot, seorang pemimpin lembaga riset digital marketing mengatakan " keyword yang paling cepat perkembangan penggunaannya adalah keyword dengan 8 kata, namun untuk sekarang yang paling tinggi perkembangannya adalah keyword dengan penggunaan 4 suku kata" 

Dengan kata lain, semakin hari pengguna Internet mulai sadar bahwa pencarian sesuatu di internet harus dengan menuliskan keyword yang lebih spesifik tentunya dengan penambahan jumlah kata pencarian di mesin pencari.

Ada 3 alasan mengapa anda harus mulai mempertimbangkan penggunaan long tail keyword ini untuk mengoptimalkan konten/artikel anda di mesin pencari :

1. Blog baru atau website baru tidak mungkin memulai kompetisi dengan satu keyword yang sudah di dominasi website-website besar/populer, kecuali mungkin anda punya modal yang sangat besar untuk bersaing dengan mereka. Sebagai contoh misalnya anda adalah sebuah toko baju, jika anda menggunakan keyword "baju online" sebagai keyword di konten anda maka saya jamin, akan sangat berat agar blog anda masuk di halaman pertama google, cobalah dengan keyword yang lebih spesifik seperti " baju hangat dengan kancing untuk musim penghujan" . Tentunya harus sesuai dengan apa yang anda jual. Dengan keyword ini tentunya akan lebih mudah untuk masuk halaman pertama google.

2. Trend penggunaan keyword oleh pengguna internet yang mulai berubah menjadi lebih spesifik. Pengguna Internet jaman sekarang mungkin lebih tau apa yang di carinya di Internet sehingga penggunaan keyword menjadi lebih panjang dibanding masa-masa sebelumnya. Ini lah yang seharusnya disadari oleh para penggiat internet termasuk blogger seperti kita. Sehingga penggunaan long tail keywords semakin populer.

3. Penggunaan Long Tail Keyword akan mempermudah anda sebagai seorang blogger untuk menentukan judul konten atau artikel baru. Karena dengan long tail keyword akan membuat anda membuat judul lebih spesifik dan tentunya akan semakin banyak pilihan judul dalam membuat artikel. Asalkan jangan sampai keluar dari tema blog anda sesungguhnya. Semakin sering membuat judul baru/artikel baru maka semakin baik blog anda di mata google.

Demikian artikel saya tentang pentingnya penggunaan long tail keywords untuk mengoptimalisasikan artikel anda di mesin pencari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda , keep posting and happy blogging @Ifex_Xavier

0 comments:

Post a Comment