Pages

Sunday, February 14, 2016

4 cara masuk halaman pertama google search tanpa harus menggunakan backlink

Saat anda membaca artikel ini, saya tau bahwa masalah terbesar buat anda sebagai seorang blogger adalah bagaimana mendapatkan peringkat di halaman pertama google, bahkan tanpa harus menggunakan backlink.

Dan sebagai fakta, masalah ini bukan dihadapi oleh anda saja sebagai seorang blogger. Tetapi hampir semua yang bergerak di bidang online menghadapi masalah yang sama, entah dia seorang owner toko online, website perusahaan, atau media yang membutuhkan pembaca online. Dan salah satu caranya adalah mendapat kan peringkat di halaman pertama google.

Bagaimana meraih peringkat di halaman pertama google tanpa menggunakan backlink

Backlink merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah blog untuk meraih peringkat di halaman pertama google. Mungkin saya dan anda sudah pernah membaca mengenai hal ini bahkan sudah banyak artikel tentang blog yang membahas hal ini. Padahal faktanya ada banyak cara untuk meraih peringkat di halaman pertama google tanpa harus menggunakan backlink. Berikut ada 4 hal yang patut anda pertimbangkan sebagai cara meraih halaman pertama google tanpa harus menggunakan backlink.

1. Jangan bersaing dengan kompetitor besar

Suka atau tidak, sebagai blogger kita ada di dunia dengan persaingan sangat ketat. Tapi berita terbaiknya adalah masih banyak hal yang belum benar-benar terexplore. Ada banyak kesempatan yang masih tersembunyi di luaran sana.

Kompetisi keyword antar blogger


Di niche anda, ada banyak orang yang jauh lebih kuat dari anda. Dan mencoba bersaing dengan mereka merupakan sebuah kesalahan. Mereka mempunyai semua sumber daya untuk meraih peringkat tertinggi untuk keyword-keyword tertentu. Mereka mampu membayar agen SEO untuk menaikkan peringkat mereka. Dan berhadapan dengan mereka sama saja seperti perang antara gajah dan kucing. Benar-benar tidak seimbang.

Jadi apa yang harus anda lakukan?

Lupakan keyword-keyword yang memiliki pesaing berat kecuali memang anda siap berhadapan dengan para kompetitor. Gunakan tool yang ada untuk mencari kata kunci yang memiliki persaingan tidak terlalu ketat.

2. Gunakan keyword-keyword long tail (keyword yang berupa kalimat panjang)

Banyak yang telah berubah dari jaman dahulu, dimana pengguna mesin pencari masih memasukkan kata-kata tunggal untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Namun sekarang para pengguna seringkali menggunakan kalimat-kalimat panjang (long tail keyword) untuk mencari sesuatu, bahkan tidak jarang menggunakan kalimat-kalimat pertanyaan.

Contoh Long Tail Keyword


Sebagai seorang blogger kita pun harus mengikuti perubahan trend pada mesin pencari. Menggunakan long tail keyword mungkin akan memberikan anda lebih sedikit pesaing dan juga jaminan untuk tampil di halaman depan google akan lebih besar.

3. Jadilah yang pertama mempublish artikel.

Setiap hari akan selalu ada berita terbaru mengenai niche anda. Saat anda mempublish artikel mengenai hal tersebut untuk pertama kali, maka saat itu persaingan untuk keyword tersebut hampir nol. Seiring berjalannya waktu maka berita tersebut akan tersebar dan pencarian di google akan melonjak.

Google Alert

Semakin cepat anda mempublish maka semakin tinggi kesempatan anda untuk memperoleh tempat di hasil pencarian google halaman pertama. Mungkin ada baiknya anda mencoba tool dari google alert ini yang akan membantu anda memantau web untuk artikel-artikel baru yang di publish.

4. Lakukan optimasi onpage.

Untuk meningkatkan kesempatan anda pada posisi teratas hasil pencarian, anda harus benar-benar mengoptimasi kata kunci. Tapi ini tidak berarti anda menempatkan kata kunci di sembarang tempat dalam artikel.

optimasi onpage untuk artikel


Melakukan bom keyword seperti itu sudah tidak berlaku lagi di algoritma google sekarang. Masukkan keyword anda di judul artikel, url artikel dan gambar yang terdapat di dalam artikel. Masukkan keyword pada paragraf pertama dan terakhir di artikel yang anda punya.

Demikian 4 cara untuk masuk di halaman pertama google tanpa harus menggunakan backlink. Tentunya anda harus belajar berulang kali tentang bagaimana cara membuat sebuah long tail keyword yang sesuai dengan pikiran pengguna. Semakin tepat long tail keyword yang anda gunakan tentunya akan semakin tinggi juga kemungkinan blog anda muncul di halaman pertama hasil pencarian. Keep posting and Happy blogging @Ifex_Xavier



7 comments:

  1. Thanks infonya, Gan. Boleh dicoba.

    ReplyDelete
  2. Dibookmark dulu. Terima kasih tipsnya :) Masih belajar memahami dunia SEO2 ini *kedengarannya masih aneh* hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bro, saya juga masih belajar koq..:)

      Delete
  3. Thanks Kak, bermanfaat buat pemula seperti aku

    ReplyDelete