Pages

Tuesday, February 16, 2016

3 cara memanfaatkan Instagram untuk berjualan online

Dewasa ini Instagram sudah bertransformasi dari sekedar aplikasi untuk foto selfie menjadi sebuah platform yang bahkan di gunakan perusahaan besar seperti Nike untuk meningkatkan branding dan berinteraksi dengan pelanggan setianya.

Instagram berkembang dengan sangat cepat, bahkan menurut data terbaru pengguna Instagram berkembang lebih cepat dari twitter bahkan sudah melampaui kepopuperan twitter sebagai perangkat sosial media.


Bagaimana cara menjual produk anda di Instagram
Meskipun sebenarnya sosial media mempunya fungsi utama sebagai penghubung antar keluarga dan teman, namun pengguna Instagram memanfaatkannya lebih dari sekedar itu. Berdasarkan survei yang di lakukan oleh Iconosquare pada tahun 2015, sejumlah 62% pengguna Instagram seringkali memfollow sebuah brand hanya karena mereka menyukainya. Dan 70% pengguna mencari brand yang disukainya di Instagram.

Jadi buat anda yang berprofesi sebagai owner toko online dan tidak menggunakan platform Instagram ini, berarti anda sudah melewatkan potensi pelanggan yang sangat besar.

Jadi bagaimana anda memanfaatkan Instagram sebagai alat untuk memasarkan produk? berikut caranya:

3 Cara menjual produk di Instagram

1. Menjual dengan aturan anda sendiri.

Tidak seperti platform lain seperti Tokopedia atau Bukalapak, anda dapat membuat aturan sendiri untuk toko anda tanpa harus melibatkan pihak ketiga. Instagram mengijinkan anda untuk membuat aturan toko online dan langsung berinteraksi dengan pelanggan. Buatlah postingan secara terpisah tentang aturan berbelanja di toko anda seperti cara pembayaran, prosedur retur barang dll.

Contoh cara berjualan di Instagram

Pengguna Instagram seperti Shopcaroline dan Shopathelycloset memanfaat penjualan di Instagram dengan cara yang sama.
Apalagi untuk anda yang mempunyai barang-barang musiman atau barang dengan jumlah terbatas.

Bagaimana cara menjual di Instagram?
1. Buat akun khusus untuk menjual barang di Instagram
2. Buat aturan sendiri tentang tata cara berbelanja dalam postingan yang terpisah. Tentang bagaimana cara melakukan penawaran dan cara retur.
3. Setelah anda menetapkan aturan, mulailah dengan melakukan postingan gambar barang yang akan di jual, dan yang terpenting adalah gambar yang anda posting haruslah gambar dengan kualitas tinggi. Dan balaslah setiap komentar dengan cepat.
4. Setelah anda menerbitkan gambar, buatlah deksripsi lengkap tentang produk anda dan jika ada penjualan lakukan pengiriman sekurang-kurang 24 jam setelah pembayaran.


2. Gunakan Aplikasi untuk melakukan penjualan di Instagram

Untuk sebuah toko online, sangat penting artinya untuk melihat statistik dari penjualan, meskipun Instagram sendiri tidak menyediakan layanan tersebut. Banyak aplikasi pihak ketiga di luar sana yang menyediakannya. Mari kita bahas beberapa aplikasi penjualan yang membantu anda melakukan penjualan di Instagram.

1. Menjual di Instgram menggunakan soldsie
Soldsie memungkinkan pembeli melakukan pembelian di feed Instgram tanpa harus meninggalkan aplikasi. Cukup lakukan postingan produk di Instagram dan pembeli yang berminat akan menuliskan kata "sold" pada foto. Aplikasi tersebut akan mengirimkan invoice (tagihan) kepada pembeli, dan pembeli tersebut bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau paypal.

Contoh aplikasi soldsie
aplikasi soldie ini bisa anda gunakan di Instagram dan juga facebook.

2. Merubah tombol like menjadi penjualan dengan menggunakan Tapshop.
Tapshop juga merupakan aplikasi yang sangat memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian di Instagram. Hanya dengan menekan link Tapshop di profile Instagram pembeli akan diarahkan ke landing page Tapshop untuk melakukan pembelian disana.

Jadi setiap kali seorang calon pembeli menekan tombol like di salah satu foto produk yang mereka sukai, maka Tapshop akan mengirimkan email yang berisi link produk dari foto tersebut.

3. Menjual di toko frontpage Hashb.ag
Ketika anda memposting di gambar Instagram sambil menyertakan hashtag #forsale, anda akan menerima email dari Hashb.ag dan menanyakan tentang harganya, dan kemudian produk anda akan di masukkan ke halaman dari Hashb.ag.Pembeli yang menemukan produk anda di halaman milik Hashb.ag akan melakukan pembayaran melalui paypal.

3. Membangung kepercayaan pelanggan dan bukti sosial.

Kita hidup di dunia dengan masyarakat yang menilai merk berdasarkan bukti sosial, bukti sosial dapat diartikan sebagai pembuktian bahwa merk tersebut di sukai oleh orang lain atau masyarakat lain. Kalau dengan kata lain Trend. Artinya semakin baik trend sebuah merk maka semakin tinggi angka penjualan barang untuk merk/brand tersebut.


Salah satu contoh bukti sosial


Menurut studi yang dilakukan oleh bufferap bukti sosial merupakan faktor terpenting yang dapat membantu sebuah merk untuk menghasilkan penjualan.

Contoh perusahaan yang menggunakan:

Perusahaan perhiasan online Baublebar seringkali merepost foto-foto pelanggan mereka yang menggunakan hashtag #baubleba.

Strategi yang sama juga di lakukan oleh perusahaan pakaian online Tsuru. Mereka seringkali memposting foto pelanggan mereka yang menggunakan produk dari toko online mereka.

Bagaimana cara melakukannya?

Ajak pelanggan anda yang sudah membeli untuk mempublish foto mereka dengan produk dari anda dan selalu gunakan hashtag toko online anda. Setelah repost postingan mereka ke dalam akun toko online anda di Instagram. Tawarkan mereka dengan hadiah diskon atau hadiah mingguan untuk memancing pembeli anda rajin mempublish foto mereka dengan produk dari toko online anda.

Kesimpulan

Berdasarkan data yang ada dan sudah disebutkan di paragraf pertama tadi, Instagram merupakan sebuah platform media sosial yang sangat cepat perkembangannya, apalagi setelah akuisisi dengan Facebook. Instagram merupakan aplikasi yang paling cepat perkembangannya. Jadi saat ini sebenarnya merupakan saat yang paling tepat untuk membangun brand anda di Instagram.

Berikut beberapa tips tambahan untuk memulai berjualan di Instagram:

1. Posting dengan gambar yang paling baik, fakta rahasia penjualan di Instagram adalah dengan memposting gambar produk dengan kualitas terbaik. Dan menurut saya jangan lakukan edit terlalu banyak. Semakin terang foto maka semakin baik untuk di lihat calon pembeli anda.

2. Selalu gunakan hashtag, dengan menggunakan hashtag pada setiap foto akan membantu anda terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama di Instgram.

3. Biarkan foto anda berbicara tentang produk dari toko online anda, gambar akan memberikan pandangan kepada calon pembeli tentang kedashyatan produk anda tanpa anda harus berkoar-koar dan memuji barang dagangan anda. Berikan angle terbaik untuk foto dan tata pencahayaan yang sempurna.
 
Jadi bagaimana? Anda berniat untuk berjualan di Instagram mulai sekarang..? share dan cerita pengalaman anda di kolom komentar yang tersedia. Salam. Keep posting and Happy blogging @Ifex_xavier

Baca artikel lain yang terkait :

Cara menambah follower Instagram

0 comments:

Post a Comment