Header Ads

Ingin menjual website? perhatikan 10 syarat berikut

Jika anda memiliki rencana untuk menjual/membeli website, mungkin anda patut mempertimbangan kan Flippa. Flippa merupakan pasar jual beli website terbesar di dunia yang saya tahu. Kebanyakan blogger atau webmaster yang ingin menjual web kebanyakan mendaftarkannya di Flippa, dan apakah anda tau biasanya bagi mereka yang belum berpengalaman dalam menjual website seringkali salah langkah sehingga menjual dengan harga dibawah perkiraan, atau tidak laku sama sekali.

gambar : Tips menjual website

Bagaimana bisa? ada beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum menjual website. Berikut akan saya sampaikan 10 hal yang mesti anda perhatikan sebelum menjual website agar mendapatkan keuntungan maksimal.

1. Pastikan website anda adalah penghasil uang.
Ini adalah faktor yang paling penting. Jika anda ingin menjual website, maka pastikan dulu website yang akan anda jual sudah bisa menghasilkan uang bagi si calon pembeli. Bahkan jika website tersebut memiliki traffik yang tinggi tapi belum bisa menghasilkan uang, maka keputusan anda untuk menjualnya merupakan kesalahan. Kemungkinan memang anda mampu menjualnya, tetapi pasti yang anda dapatkan jauh dibawah harga sebenarnya dari harga yang anda tetapkan.

Jika website yang anda jual hanya berpenghasilan Rp 100.000 - Rp 500.000 per bulan, saran saya lebih baik tunda keinginan anda untuk menjual website ini. Fokus dulu untuk menaikkan traffik dan pendapatannya. Jika sudah sampai pada titik Rp. 3.000.000 ke atas, mungkin sudah saatnya untuk memasukkan website anda di list penjualan. Ingat ini hanya permulaan, teruslah kejar penghasilan ini sampai 3-6 bulan berturut-turut. Karena kebanyakan calon pembeli akan melihat penghasilan website minimal selama 6 bulan terakhir.

2. Pastikan website anda memilik data google analytics secara lengkap.
Kebanyakan pembeli yang serius ingin membeli, biasanya selalu meminta data lengkap google analytic.Mereka ingin tahu sumber traffik yang anda dapatkan, jumlah backlink, visitor per bulan apakah sesuai dengan penghasilan yang anda katakan sebelumnya.

Lagi lagi, calon pembeli kebanyakan ingin melihat data google analytics selama 6 bulan terakhir. Jadi pastikan anda sudah menginstall data google analytics selama 6 bulan terakhir.

3. Usahakan anda memiliki Trust Rating yang baik
Kebanyakan calon pembeli di Flippa, selalu memperhatikan nilai Trust Rating dari si penjual. Trust Rating berkaitan dengan nilai kepercayaan yang dimiliki si penjual. Semakin tinggi nilai Trust Rating anda maka semakin tinggi juga kesempatan anda untuk menjual website.

Oleh karena itu, harus ada usaha pasti dari Anda untuk meningkatkan Trust Rating ( koneksikan Akun Flippa anda dengan Facebook, dan Linkedln yang anda punya)

4. Pasang penawaran hanya selama 7 hari.
Menurut pendapat saya waktu 7 hari merupakan waktu yang paling pas untuk memasang di list penjualan. Karena menurut saya lebih dari 7 hari merupakan waktu yang terlalu lama. Selain itu dengan memasang selama 7 hari, anda akan melihat mana pembeli yang benar-benar serius untuk membeli website anda.

Saya seringkali melihat sebagian penjual memasang waktu penjualan selama 30 hari lebih. Ini membuat calon pembeli yang melihat seringkali hanya memasang bid (penawaran) dan meninggalkannya karena dia berpikir waktu penawaran masih lama. Sehingga akhirnya mereka lupa dan penawaran tadi menjadi sia-sia.

5. Setting harga tertinggi minimum.
Jika anda ingin menjual, tetapi tidak ingin ditawar terlalu anda. Anda bisa menyetting harga minimum terendah yang bisa di bid. Jangan khawatir, dengan begini kebanyakan pembeli yang datang adalah calon pembeli serius yang ingin menawar dengan harga wajar. Bukan pembeli yang tidak serius atau hanya sekedar menjatuhkan harga website yang kita tawarkan.

6. Pasang BIN (Buy It Now) dengan harga yang tepat.
Gunakan tombol BIN jika anda rasa, website ini paling cocok dijual dengan harga tertentu yang anda tetapkan sendiri. Ini akan membantu calon pembeli website anda yang benar-benar serius untuk menghindari perang harga. Ini juga membantu anda untuk menjual sedikit lebih cepat.

Kebanyakan seller kadang-kadang memasang harga BIN dengan tidak masuk akal. Oleh karena itu kenali betul website anda dan lakukan survey ke orang-orang terdekat atau orang berpengalaman untuk harga sebenarnya dari website yang ingin anda jual.

7. Jangan melebih-lebihkan deskripsi website yang ingin anda jual
Kebanyakan orang akan memasang deskripsion dengan kata-kata muluk, seperti "Kesempatan Seumur Hidup" atau " Potensi penghasilan sangat besar" atau "Website terbaik di niche ini". Ini membuat anda terlihat seperti seorang penjual yang depresi dan ingin menjual dengan sangat cepat dan keuntungan besar. Jangan memasang kata-kata seperti "potensi penghasilan Rp. 5.000.000 perbulan", padahal anda tau sendiri pendapatannya tidak lebih dari Rp. 500.000 per bulan.

8.  Jawab setiap komentar
Meskipun anda sudah membuat deskripsi yang jelas tentang website anda, tetap saja akan ada orang yang bertanya. Berikan lah Fast respon terhadap komentar-komentar mereka. Semakin sering anda melakukan interaksi dengan pembeli, ini akan memberikan menaikkan nilai kredibilitas anda di hadapan para calon pembeli.

9.Berikanlah alasan yang pas mengapa website anda di jual
Satu hal yang orang tau pada saat anda menjual website adalah apa alasan anda menjual website. Jika anda tidak punya alasan yang masuk akal maka orang akan menganggap anda menjual website ini, karena pendapatan yang turun dari website yang anda jual. Atau jumlah visitor yang mulai berkurang. Jadi saran saya, tulislah alasan anda menjual website ini di bagian deskripsi.

10.Undang para calon pembeli yang potensial.
Masuklah ke bagian list website yang akan dijual. Cari website yang satu kategori dengan anda, dan temukan calon pembeli yang berkomentar di bagian itu. Cari calon pembeli yang memiliki Trust Rating tinggi. Kirimkan pesan ke mereka, dan ajaklah bergabung di lelang website anda.

Demikian yang dapat saya jabarkan mengenai tips menjual website di Flippa. Sebenarnya Indonesia juga punya marketplace seperti ini. Anda bisa melakukannya di forum internet marketer seperti ads.id atau webdijual.com

1 komentar:

  1. Wah, saya baru tahu kalau ada situs jual-beli web site seperti ini. Terima kasih atas informasinya, mas. :D

    Salam kenal,
    Penjaja Kata

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.