Pages

Thursday, January 14, 2016

Cara berjualan online sebagai seorang Dropshipper

Pada awal tahun 90 an sampe akhir tahun 2000 an, gaya berbelanja masyarakat Indonesia adalah datang ke toko, melihat-lihat dan membeli. Pada jaman itu hampir semua Toko yang berjualan selalu ramai dipenuhi pengunjung. Apalagi jika ada even-even seperti diskon besar-besaran, biasanya ini berlangsung pada saat hari-hari libur nasional.

Tapi seiring berjalannya waktu, kebiasaan lama tersebut berangsur-angsur mulai berubah. Dengan pengguna Internet indonesia yang sekarang berjumlah 139 juta orang lebih, merupakan pasar yang sangat bagus untuk mulai berbisnis online.Beberapa tahun belakangan model berbelanja sebagian orang Indonesia adalah dengan membuka internet dan memilih barang yang ingin dibeli hanya melalui foto di toko online.

gambar 1: proyeksi pertumbuhan pengguna internet
Mungkin anda pernah mendengar nama-nama toko online terkenal seperti lazada, berrybenka, Zalora, Sipshops? ke 4 toko online tersebut merupakan toko dengan penghasilan jutaan hingga puluhan juta per bulan. Mengapa bisa sebesar itu, selain dari potensi customer di Indonesia, itu juga di dapat dari kekonsistenan toko online dalam memantain kualitas produk dan pelanggannya.

Beberapa toko online besar terkadang menawarkan program reseller dan dropship, dengan program dropship akan sangat membantu anda untuk membuat toko online tanpa mengeluarkan biaya sebagai modal belanja stok. Karena stok dan pengiriman langsung di lakukan oleh si Toko online besar (bertindak sebagai Owner). Anda cukup fokus pada masalah penjualan produk dan update produk di toko online yang anda punya. 

Skema jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:
Gambar: Skema jualan online dropshipper


Untuk memulai bisnis dropshipper toko online ini sebaiknya anda simak beberapa tips dari saya berikut ini 
Berikut beberapa tips berjualan online di internet:

1. Carilah tahulah tentang produk yang di jual.
Milikilah pengetahuan tentang produk yang ingin anda jual. Ini akan mempermudah anda untuk menjawab pertanyaan konsumen tentang produk yang anda jual sehingga anda juga mudah mempromosikan produk tersebut di market online.

2. Lakukan survei pasar 
lakukan survei terhadap pasar untuk melihat potensi penjualan produkmu. Karena percuma anda menjual sesuatu yang tidak dibutuhkan pasar anda. Lihat produk dan sesuaikan target pasar. Ini nantinya berguna jika anda mulai melakukan pembelian iklan di facebook atau twitter. Karena iklan di 2 platform tersebut akan ditentukan berdasarkan beberapa kategori penting, seperti umur, jenis kelamin, tempat tinggal dll.

3. Langsung praktek menjual produk.
Maksud saya disini adalah coba lakukan penjualan di FJB-FJB yang tersebar di forum-forum. Lakukan disana, nanti anda akan belajar banyak mengenai tata cara berjualan online. Seperti perilaku customer, tata cara aturan penjualan online, dan jenis barang apa saja yang laku.

4. Cobalah menjual hanya 1 jenis produk saja
Juallah 1 jenis produk saja, ini lebih memungkinkan kita membuat toko online dengan nama domain sama dengan produk yang kita jual. Lagi pula ini juga lebih memungkin kan pembeli untuk lebih mudah mengingat kita sebagai penjual salah satu produk.

Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan tentang tips berjualan online sebagai penghasilan yang menjanjikan pada jaman ini. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, karena Indonesia memiliki pasar pembelanja online yang sangat besar jumlah nya dan terus berkembang.



0 comments:

Post a Comment