Header Ads

13 list yang harus di perhatikan sebelum menerbitkan artikel

Berapa kali anda mempublish sebuah artikel dan kemudian mengeditnya kembali, hanya untuk mengecek dan mengkoreksi beberapa ejaan yang salah, menemukan link yang rusak, mengetikkan kata kunci yang salah dan lupa mengoptimalkan judul artikel. Percuma rasanya melakukan hal-hal ini apalagi jika anda sebenarnya telah susah payah menemukan ide membuat artikel dan menulisnya capek-capek kemudian harus mengedit lagi karena tidak sesuai dengan tema yang dimaksud.

Seperti yang anda lihat, banyak hal yang harus kita cek sebelum mempublish sebuah artikel dan kebanyakan dari kita biasanya lupa. Oleh karena itulah saya mempunyai ide untuk membuat "Artikel Checklist" yang berisi daftar-daftar kegiatan yang harus anda lakukan sebelum mempublish sebuah artikel. Hal ini akan sangat berguna terutama untuk mereka yang punya artikel dengan isi yang panjang , atau yang mempunyai banyak link dalam artikelnya, serta artikel-artikel yang biasanya terbit sebulan sekali atau biasa disebut artikel utama.


Berikut saya tuliskan ke 13 daftar tersebut:

1. Periksa kembali tulisan anda setelah selesai menulis artikel

     Kedengarannya merupakan hal yang biasa, tetapi hampir sebagian blogger melupakan hal yang satu ini.
Padahal hal ini merupakan bagian yang penting dalam penulisan sebuah artikel. Anda akan bisa melihat artikel keseluruhan dan bukan bagian per bagian. Anda akan bisa melihat paragraph mana yang memiliki kejanggalan sehingga tidak menyampaikan tema dari penulisan artikel.

2. Periksa kembali artikel anda, apakah sudah lengkap sebagaimana seharusnya.
      Jika ingin mendapat artikel dengan traffik pembaca yang tinggi dan backlink yang banyak, maka kita harus memastikan artikel yang kita tulis sudah lengkap sebagaimana seharusnya. Setelah melakukan bagian ini nantinya anda akan memutuskan apakah bisa menambah informasi lagi kedalam artikel ini, atau sudah cukup.

Sebagai contoh anda ingin menuliskan tentang review software, tetapi anda tidak menuliskan cara instalasinya, spec komputer yang dibutuhkan , dimana tempat yang menjualnya, bagaimana kompabilitasnya jika disanding kan dengan program lain.. Semakin banyak informasi yang anda masukkan ke dalam artikel, akan semakin tinggi nilainya di mata pembaca, dan ini berarti Traffik.

3. Apakah saya sudah melakukan riset untuk kata kunci terbaik
   Kata kunci mempengaruhi mesin pencari (google, yahoo, bing dll). Kalau anda ingin memaksimalkan traffik, gunakan kata kunci yang kebanyakan orang menggunakannya. Selain akan membuat pembaca lebih mengerti maksud artikel, itu juga akan membuat optimasi mesin pencari dalam menemukan artikel kita menjadi lebih mudah.

Sebagai contoh, anda menulis artikel tentang gaming notebooks, tetapi apakah yang akan anda pilih sebagai kata kuncinya gaming notebooks atau game laptop? Setelah menggunakan google adwords planner anda menemukan bahwa kata "gaming notebook" dicari sekitar 8000 pencarian dalam satu bulan, sedang kan "game laptop" dicari  sekitar 60.000 pencarian dalam satu bulan. Dan ini berarti anda harus menggunakan kata "game laptop" sebagai kata kunci artikel anda.

4. Apakah saya sudah menulis judul artikel dengan benar
    Judul merupakan bagian penting dalam sebuah artikel, bahkan terkadang lebih penting dari isi artikel.
Karena pembaca selalu melihat judul artikel terlebih dahulu baru kemudian membaca isi artikel anda.


Pertama-tama, pastikan judul artikel anda memuat judul yang menarik emosi pembaca. misalnya, judul artikel yang melibatkan sebuah nilai yang besar untuk si pembaca , contoh" 100 tema website gratis untuk anda" atau dapat juga menggunakan judul artikel yang menarik rasa penasaran seperti " 5 hal yang dapat diajarkan chuck norris tentang marketing"

5. Apakah saya sudah mengkoreksi tata bahasa artikel

    Hampir sama dengan no 1 tadi, cuma bedanya disini anda mengkoreksi khusus tata bahasa dan ejaan-ejaan yang salah dalam penulisan. Tips nya adalah, cuba membaca artikel anda secara mundur, atau membaca dengan suara lantang. Hal ini akan membantu anda untuk mengecek kata per kata, sehingga nantinya tidak ada kesalahan eja atau tata bahasa.

6. Apakah saya sudah menanam link ke artikel lain dalam blog
    Sebenarnya ada 2 manfaat penting dalam menulis artikel yang terhubung dalam artikel lain. Pertama ini akan membantu pembaca anda untuk menelusuri artikel secara mendalam. Selain itu pembaca juga bisa menambah referensi lain selain artikel yang dia baca. Yang kedua, link dalam artikel ini akan membantu bot mesin pencari untuk melakukan crawl secara lebih efisien.

Jadi sebelum menerbitkan artikel ada baiknya anda mencari artikel sebelumnya untuk di selipkan ke dalam artikel yang mau anda terbitkan.

7. Apakah saya sudah memberikan link ke luar untuk artikel-artikel yang membutuhkan
    Jangan takut untuk memberikan link ke luar blog, saya jamin anda tidak akan kehilangan Page Rank (PR) dan juga anda tidak akan kehilangan pembaca jika memang artikel anda tersebut cukup informatif. Memberikan link ke luar ke sumber-sumber yang relevan justru akan membuat artikel anda menjadi lebih kaya informasi.

Jika link yang anda berikan mungkin terdengar kurang familiar untuk para pembaca, pertimbangkan untuk menggunakan referensi wikipedia.

8. Apakah saya sudah memastikan semua link yang berada dalam artikel bekerja dengan benar

    Hati-hati dalam menyelipkan link, karena biasanya kita lengah dalam tanda baca titik atau garis miring yang ada dalam sebuah blog. Jika sedikit ada kesalahan di pastikan link tidak akan bekerja dengan baik. Sebagian pembaca mungkin akan merasa tidak puas, jika link yang kita referensikan dalam artikel tidak mampu dibuka, apalagi jika link itu sebenarnya sangat berhubungan dengan artikel.Gunakan tombol preview sebelum menerbitkan artikel, dan cek link-link yang ada apakah sudah bekerja dengan baik atau belum.

9.Apakah saya sudah memasukkan referensi/sumber ke dalam artikel.

   Biasanya setiap penulis mempunyai inspirator dalam penulisan artikel, sebagai rasa terimakasih tuliskan sumbernya. Apalagi jika si inspirator ini mempunyai web atau blog, beri tautan ke blog nya. Ini adalah sesuatu yang adil, dimana anda memperoleh bahan pembuatan artikel, dan sumber juga memiliki backlink dari anda. Usahakan hormati setiap penulis artikel dengan menempatkan nya dalam link sumber.

10. Apakah saya sudah memasukkan gambar ke dalam artikel

   Ada pepatah, "satu gambar bisa memuat banyak makna", jika benar begitu mengapa anda tidak memasukkan satu gambar saja ke dalam artikel. Selain akan membuat artikel lebih hidup, gambar juga bisa menarik pembaca agar betah membaca artikel anda secara keseluruhan. Gambar juga bisa meningkatkan traffik melalui pencarian google image search.

11. Apakah saya sudah mengedit permalink.

    Sebagian besar platform mengijinkan anda untuk melakukan edit terhadap permalink. Edit lah menjadi lebih singkat, sehingga nantinya akan membantu dalam mengoptimasi pencarian search engine. Dan usahakan masukkan kata kunci dalam permalink artikel.

12. Apakah saya perlu menambahkan elemen lain untuk menarik pembaca saya

     Beberapa blogger menginginkan untuk membentuk grup diskusi di blog mereka, karena hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pembaca. Buatlah feedback di akhir artikel, usahakan interaksi dengan pembaca anda, ini adalah strategi terbaik untuk mendapatkan pembaca yang loyal. Sekaligus akan menambah nilai anda di mata pembaca blog.

13. Apakah hari ini, hari yang tepat untuk menerbitkan artikel

     Seandainya pun benar anda adalah seorang master dalam menulis blog, tetap saja jika anda menerbitkan artikel pada hari libur maka trafficnya akan lebih kecil dibanding anda menerbitkannya pada hari senin , selasa rabu. Gunakan analytic anda untuk melihat tren pengunjung, dengan begitu anda akan lebih mudah menentukan hari apa anda akan menerbitkan artikel yang anda buat.

Jika anda merasa sudah benar-benar memperhatikan ke 13 hal ini sebelum menerbitkan artikel ini maka saatnya terbitkan, dan jangan lupa setelah menerbitkan, pekerjaan  anda masih belum selesai. Selanjutnya adalah mengoptimalisasi artikel anda agar lebih banyak mendatangkan traffik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.